RISET PILKADA

“Siapa yang memahami diri sendiri dan lawan secara mendalam,

ia berada pada jalan kemenangan.

Siapa memahami diri sendiri tetapi tidak memahami lawan

hanya memiliki peluang menang.

Siapa yang tidak memahami diri sendiri maupun lawan,

ia berada di jalan kehancuran perang”.

Art of War, Sun Tzu

 

Memenangkan diri dalam sebuah pemilihan kepala pemerintahan adalah jalan panjang dalam menaklukan hati-hati para pemilih dan menundukkan kata-kata lawan. Mengenali kekuatan dan kelemahan diri dapat digali dengan ilmu. Mengukur kekuatan dan kelemahan lawan pun dapat diintai dengan ilmu.

 

 

Alasan perlu diadakannya survey elektabilitas seorang calon kandidat:

  • Sistem pemilihan kepala daerah secara langsung (Pilkada) memberikan kebebasan sepenuhnya bagi masyarakat pemilih untuk menentukan siapa kandidat kepala daerah yang akan mereka pilih.
  • Kandidat yang akan dipilih masyarakat menjadi sangat tergantung pada popularitas (keterkenalan) yang bersangkutan di masyarakat pemilihnya. Tingkat popularitas para kandidat itu bisa diukur dengan metode ilmiah yang akurat, yakni survei popularitas bagi kandidat.
  • Hasil survei tersebut dapat menjadi masukan amat penting untuk melihat secara riil kekuatan dan kelemahan kandidat sekaligus untuk menghadapi masa kampanye yang akan segera dilakukan. Hasil survei juga membimbing kandidat dan tim sukses tentang apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang terpilih dalam Pilkada nanti.
  • Informasi tentang pendapat, aspirasi dan harapan warga negara juga mutlak bagi karir politik dari calon pejabat-pejabat publik atau yang sedang menjabat (incumbent). Karir politik mereka juga ditentukan sejauhmana mereka responsif terhadap partisipasi warga negara tersebut.